BUSINESS PLAN
Disusun oleh:
Tedi Iskandar
ELEMENTARY ISLAMIC SCHOOL
Jalan Abu Bakar As Sidiq No. 1
Kec. Bogor Utara – Kota Bogor Telp. 0251 8333777
Website: www.alilmunurun.ac.id
DAFTAR ISI
i. Daftar Isi.................................................................. 1
ii. Kata Pengantar......................................................... 2
a. Rangkuman pelaksanaan ........................................... 3
b. Visi Misi .................................................................. 3-4
c. Lingkungan usaha .................................................... 4
d. Perencanaan pemasaran ........................................... 5
e. Team manajemen ..................................................... 5
f. Data finansial ........................................................... 6-7
g. Pertimbangan legal .................................................. 7
h. Jaminan asuransi ...................................................... 7
i. Orang penting .......................................................... 7
j. Pemasok .................................................................. 8
k. Risiko ...................................................................... 8
KATA PENGANTAR
Rasa syukur yang dalam kami sampaikan kehadirat Allah SWT, Tuhan Yang Maha Pemurah, karena berkat kemurahan-Nya rencana usaha (business plan) ini dapat saya selesaikan sesuai yang diharapkan. Dalam proposal rencana usaha ini saya membahas tentang seluruh perencanaan yang akan diterangkan secara rinci mengenai rencana awal pendirian sebuah sekolah dasar yang bernama “Al Ilmu Nurun-Elementary Islamic School”.
Menyadari masih adanya beberapa kelemahan dan kekurangan yang ada dalam proses penyusunan rencana usaha ini, maka diperlukan langkah upaya penyempurnaan proposal awal ini. Sehingga rencana usaha ini dalam proses realisasinya dapat terwujud dengan baik.
Demikian proposal rencana usaha ini dibuat. Semoga seluruh amal kebaikan kita dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa ini selalu mendapat bimbingan dan ridho dari Allah SWT. Amin ya Robbal Alamin.
Bogor, Juni 2011
Tedi Iskandar
a. Rangkuman pelaksanaan (executive summary)
Al Ilmu Nurun-Elementary Islamic School diharapkan akan menjadi salah satu bagian yang sangat kompeten dalam membantu pemerintah mensukseskan program pendidikan dasar 9 tahun dan mencerdaskan kehidupan bangsa. Selain itu, dengan dibukanya Al Ilmu Nurun-Elementary Islamic School diharapkan dapat:
1. Memberikan kesempatan kepada masyarakat Kota Bogor khususnya dan Kabupaten Bogor pada umumnya untuk memberikan pilihan sekolah yang berkualitas sesuai dengan keyakinan keagamaan, kultur sosial maupun kemampuan ekonomi.
2. Mempercepat proses pemerataan kesempatan memperoleh pendidikan yang berkualitas pada seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia khususnya wilayah Kota Bogor.
3. Memadukan penyelenggaraan pendidikan Nasional dengan nilai-nilai luhur agama Islam dan budaya bangsa Indonesia.
4. Membantu pemerintah dalam meningkatkan kualitas pendidikan dasar khususnya di Kota Bogor.
5. Menjamin terselenggaranya proses pendidikan yang dapat mempertahankan kekhasan sebagai sekolah yang berada di lingkungan masyarakat yang religius, berbudaya dan berakhlakul karimah.
6. Mendorong sekolah-sekolah yang telah ada untuk berpastabiqulkharot dalam meningkatkan kualitas pendidikan.
7. Memberikan kesempatan kepada warga masyarakat yang kurang mampu namun memiliki tingkat kecerdasan yang tinggi untuk memperoleh pendidikan berkualitas dengan cara subsidi silang.
b. Visi misi (vision and mission)
V I S I
Visi Al Ilmu Nurun-Elementary Islamic School adalah mewujudkan sekolah nasional bertaraf internasional (mumtaz school) yang mampu membentuk manusia paripurna (insan kamil) sebagai calon pemimpin dunia (kholifah fil ardli) yang rakhmatan lil alamin
M I S I
Misi Al Ilmu Nurun-Elementary Islamic School sesuai dengan ruh Al Quran, surat Ha Mim As Sajadah atau surat Fushilat ayat 33 yaitu:
1. Melakukan da’wah dalam rangka menyeru peserta didik untuk mentaati Allah (da’a illah)
2. Membina peserta didik untuk gemar beramal saleh dan berbuat kebajikan
3. Membina peserta didik untuk taat dan tunduk kepada Allah sesuai ajaran agama Islam (innaniminal muslimin)
4. Melakukan amar ma’ruf nahi munkar dengan selalu memperhatikan hablum minallah (vertikal) dan hablum minannas (horizontal) demi kemaslahatan di dunia dan akhirat
5. Melaksanakan spiritualisasi pendidikan yaitu mempadukan/mengintegrasikan kurikulum nasional dengan nilai-nilai ajaran agama Islam (integrated curriculum) yang diimplementasikan dalam kegiatan pembelajaran dengan menggunakan bahasa Internasional, dalam rangka menghadapi tantangan global
6. Melaksanakan kegiatan pembelajaran yang berkualitas dengan menggunakan multimetode, multimedia, dan multilingual untuk meningkatkan prestasi akademik dengan kenaikan nilai rata-rata 0,25 pada setiap tahunnya.
7. Melakukan kegiatan pengembangan diri dan keagamaan dalam rangka pembentukan karakter peserta didik yang berakhlakulkarimah
8. Melaksanakan kegiatan ekstrakurikuler dalam rangka mendorong terwujudnya keseimbangan pengembangan potensi kecerdasan intelektual, emosional, spiritual, dan keterampilan-keterampilan hidup (life skills)
9. Menanamkan dasar-dasar kepemimpinan untuk mendorong terciptanya kader bangsa yang berkualitas
c. Lingkungan usaha (business enviroment)
Lingkungan usaha yang sangat mendukung, insya Allah hal ini menambah keyakinan kami dalam mewujudkan pendirian sekolah ini. Adapun beberapa pertimbangannya yaitu sebagai berikut:
1) Al Ilmu Nurun-Elementary Islamic School berlokasi di tempat strategis depan jalan raya dan komplek pemukiman padat penduduk, sehingga berpeluang untuk dapat menampung anak usia sekolah di daerah tersebut.
2) Masyarakat di daerah sekitar sekolah memiliki karakteristik religius, sehingga ada trend memilih sekolah Islam sebagai tempat pendidikan putra-putrinya.
3) Kota Bogor merupakan daerah pengembangan pemukiman khususnya bagi masyarakat yang bekerja di daerah perkotaan (Jakarta dan Bogor) dengan taraf sosial ekonomi menengah ke atas.
4) Kota Bogor merupakan daerah pemukiman yang memiliki jumlah anak usia sekolah dasar tergolong tinggi.
5) Dukungan pemerintah (Depdiknas) terhadap penyelenggaraan pendidikan oleh masyarakat sangat tinggi baik moril maupun finansial.
d. Perencanaan pemasaran (Marketing plan)
Dalam upaya mendapatkan calon siswa yang berkompeten, maka akan diupayakan beberapa kegiatan promosi, dengan cara antara lain:
1. Pemasangan spanduk
Pemasangan spanduk dilaksanakan selama beberapa tahap dengan lokasi pemasangan tersebar dari pada tempat-tempat strategis yang ada di sekitar Kota Bogor dan Kabupaten Bogor.
2. Penyebaran leaflet dan brosur
Penyebaran leaflet dan brosur sudah dilaksanakan ke sekolah-sekolah dari tingkat TK dan RA sekitar Kabupaten dan Kotaa Bogor.
3. Promosi Radio
Promosi radio dilakukan dengan mengadakan kerjasama dengan berbagai radio-radio yang ada di sekitar Kota Bogor dengan cara melakukan penayangan spot iklan dengan durasi sekitar 2 menit yang ditayangkan selama 3 bulan dengan frekuensi tayang 12 kali sehari.
4. Mengadakan event lomba tingkat TK se- Kota Bogor
5. Mengadakan kegiatan seminar pendidikan untuk anak usia dini
e. Team manajemen (management team)
f. Data finansial (financial data)
RENCANA ANGGARAN PENERIMAAN DAN BELANJA | ||||||
AL ILMU NURUN-ELEMENTARY ISLAMIC SCHOOL | ||||||
Tahun 2011 | ||||||
No. | Uraian | Rincian | Total | |||
| | | | | | |
I | ARUS KAS MASUK / CASH INFLOW : | | | | | |
a | Uang SPP | 100 | 12 | Rp 500,000 | Rp 600,000,000 | |
b | Uang Kegiatan | 100 | 1 | Rp 1,200,000 | Rp 120,000,000 | |
c | Uang Pangkal Bangunan | 100 | 1 | Rp 5,000,000 | Rp 500,000,000 | |
d | Uang Pendaftaran | 100 | 1 | Rp 250,000 | Rp 25,000,000 | |
| | | | | | |
| Total Kas Masuk / Receipt | | | | Rp 1,245,000,000 | |
| | | | | | |
II | ARUS KAS KELUAR / CASH OUTFLOW : | | | | | |
1 | Uang SPP | | | | | |
a | Biaya Personel | | | | | |
b | Gaji Guru & Staff | 6 | 12 | Rp 3,000,000 | Rp 216,000,000 | |
c | Gaji Karyawan (OB & Tea Lady) | 2 | 12 | Rp 1,500,000 | Rp 36,000,000 | |
d | Honor Konsultan Life Skill | 2 | 12 | Rp 2,000,000 | Rp 48,000,000 | |
e | THR dan Bonus Tahunan Guru & Staff | 10 | 1 | Rp 3,000,000 | Rp 30,000,000 | |
f | Makan Siang Guru & Karyawan @Rp10.000 | 10 | 200 | Rp 10,000 | Rp 20,000,000 | |
g | Seragam | 10 | 1 | Rp 1,000,000 | Rp 10,000,000 | |
| Sub Total | | | | Rp 360,000,000 | |
2 | KBM & Pengembangan | | | | | |
a | PC Komputer dan jaringan | 25 | 1 | Rp 3,500,000 | Rp 87,500,000 | |
b | Pelatihan guru dan staf | 1 | 1 | Rp 5,000,000 | Rp 5,000,000 | |
c | Biaya lomba siswa | 10 | 1 | Rp 500,000 | Rp 5,000,000 | |
d | ATK Kantor | 1 | 1 | Rp 7,500,000 | Rp 7,500,000 | |
e | Perlengkapan Mengajar Guru | 1 | 1 | Rp 2,500,000 | Rp 2,500,000 | |
| Sub Total | | | | Rp 107,500,000 | |
3 | Biaya Rumah Tangga | | | | | |
a | Telephone / PT Telkom (3 Line) | 1 | 12 | Rp 750,000 | Rp 9,000,000 | |
b | Listrik / PLN | 1 | 12 | Rp 5,000,000 | Rp 60,000,000 | |
c | Air Bersih | 1 | 12 | Rp 250,000 | Rp 3,000,000 | |
d | Perawatan Gedung | 1 | 12 | Rp 1,750,000 | Rp 21,000,000 | |
e | Perawatan Taman | 1 | 12 | Rp 350,000 | Rp 4,200,000 | |
f | Langganan Koran | 1 | 12 | Rp 100,000 | Rp 1,200,000 | |
g | Transportasi | 1 | 12 | Rp 500,000 | Rp 6,000,000 | |
| Sub Total | | | | Rp 104,400,000 | |
4 | Uang Kegiatan | | | | | |
a | Outbond | 100 | 1 | Rp 350,000 | Rp 35,000,000 | |
b | Field trip | 100 | 1 | Rp 350,000 | Rp 35,000,000 | |
c | Creativity and Art Performance | 100 | 1 | Rp 250,000 | Rp 25,000,000 | |
d | Peringatan Hari Besar Nasional | 100 | 1 | Rp 100,000 | Rp 10,000,000 | |
e | Peringatan Hari Besar Islam | 100 | 1 | Rp 100,000 | Rp 10,000,000 | |
f | Ekstrakurikuler | 100 | 1 | Rp 500,000 | Rp 50,000,000 | |
| Sub Total | | | | Rp 165,000,000 | |
5 | Uang Pangkal | | | | | |
a | Pembangunan Lab Komputer Sekolah | 1 | 1 | Rp 75,000,000 | Rp 75,000,000 | |
b | Pembuatan lapangan olahraga | 1 | 1 | Rp 75,000,000 | Rp 75,000,000 | |
c | Promosi Sekolah (Media cetak, pameran, cetak stiker,brosur) | 1 | 1 | Rp 10,000,000 | Rp 10,000,000 | |
d | Rapat Kerja Yayasan | 1 | 1 | Rp 2,500,000 | Rp 2,500,000 | |
e | Sumbangan / Sosial (Pengabdian Masyarakat) | 5 | 1 | Rp 250,000 | Rp 1,250,000 | |
f | Rekruitmen Guru | 1 | 1 | Rp 500,000 | Rp 500,000 | |
g | Rapat Kerja Guru | 10 | 1 | Rp 250,000 | Rp 2,500,000 | |
h | Perlatihan Guru | 6 | 1 | Rp 500,000 | Rp 3,000,000 | |
i | Izin Operasional dan Akreditasi | 1 | 1 | Rp 5,000,000 | Rp 5,000,000 | |
| Sub Total | | | | Rp 174,750,000 | |
6 | Uang Pendaftaran | | | | | |
a | Biaya Psikotes | 100 | 1 | Rp 250,000 | Rp 25,000,000 | |
b | Konsumsi Siswa | 100 | 1 | Rp 15,000 | Rp 1,500,000 | |
c | Konsumsi Tester | 5 | 1 | Rp 15,000 | Rp 75,000 | |
d | ATK | 100 | 1 | Rp 15,000 | Rp 1,500,000 | |
e | Alat Peraga | 100 | 1 | Rp 20,000 | Rp 2,000,000 | |
| Sub Total | | | | Rp 30,075,000 | |
| | | | | | |
I | Total Penerimaan | | | | Rp 1,245,000,000 | |
II | Total Pengeluaran | | | | Rp 941,725,000 | |
| Surplus d/k | | | | Rp 303,275,000 |
g. Pertimbangan legal (legal consideration)
Pembukaan dan penyelenggaraan Al-Ilmu Nurun-Elmentary Islamic School ini mengacu kepada perundang-undangan yang berlaku yakni Undang-undang No. 20 tahun 2003 beserta peraturan-peraturan pemerintah yang telah ditentukan. Berikut juga kami lampirkan legal consideration sebagai bahan pertimbangan:
a. Izin Amdal dari Kelurahan setempat
b. Pernyataan ketidakberatan dari sekolah terdekat
c. Izin operasional sekolah dari Dinas Kota Bogor
h. Jaminan asuransi (insurance requirements)
a. Asuransi gedung oleh PT. Bumiputera Syariah
b. Asuransi kesehatan pegawai oleh PT. Inhealth Indonesia
c. Asuransi siswa oleh PT. Prudential Syariah
i. Orang penting ( Key person)
Sebagai key person dalam pendirian lembaga sekolah ini yaitu Bapak Prof. Muhammad Nuh sebagai Menteri Pendidikan Nasional.
j. Pemasok (supliers)
Dalam upaya penyediaan peserta didik/siswa di dari lingkungan sekolah terdekat Al-Ilmu Nurun-Elmentary Islamic School ini yaitu dari Taman Kanak-Kanak atau Raudhlatul Athfal yang ada di sekitar Kota Bogor dan Kabupaten Bogor.
k. Risiko (risk)
1. Banyaknya sekolah yang memiliki program dan ciri khas yang sama bahkan dengan kualitas yang lebih baik bermunculan di wilayah Kota Bogor.
2. Pemerintah (Depdiknas) sangat mendorong dan memfasilitasi sekolah-sekolah negeri untuk meningkatkan statusnya mulai dari sekolah reguler, mandiri, SSN dan SBI, sehingga banyak sekolah negeri yang kualitas pelayanan dan lulusannya semakin membaik, sehingga menjadi tantangan/ancaman bagi Al-Ilmu Nurun-Elmentary Islamic School.
3. Kebijakan Pemerintah membebaskan uang sekolah bagi sekolah-sekolah negeri telah dapat menarik simpati masyarakat untuk menyekolahkan putra-putrinya di sekolah negeri
4. Peningkatan kesejahteraan pada guru-guru sekolah negeri (PNS) telah menarik perhatian guru-guru di sekolah swasta, sehingga banyak guru-guru kompeten di sekolah swasta yang hengkang untuk menjadi guru pegawai negeri sipil.
5. Adanya globalisasi pendidikan telah menimbulkan banyaknya sekolah-sekolah asing (internasional) yang tumbuh dan berkembang di Indonesia.
6. Adanya trend masyarakat Indonesia untuk menyekolahkan putra-putrinya ke sekolah di luar negeri atau sekolah asing di Indonesia